Workshop Desain Grafis, Rosyid Abdillah: Pesan dalam Desain Wajib Tersampaikan!

adminkpi

MOJOKERTO – Guna berbagi trik pembuatan desain grafis yang out of the box dan beretika, HIMAPRODI KPI IKHAC adakan workshop virtual dengan mengundang; Rosyid Abdillah, S.Si, M.Kom salah satu dosen IKHAC sekaligus Head of Admissions MBI Amanatul Ummah yang berpengalaman di UI/UX Desaigner Informatika Media Pratama (IMP Studi).

Workshop yang bertajuk “Ide Desain yang Out of The Box dan Beretika” dimentori langsung oleh Rosyid Abdillah, S.Si, M.Kom dengan materi khusus yang berjudul; The Guide to Become Fabulous Desaigner. Minggu, (17/10/2021).

Di awal pemaparan, pemateri menjelaskan bahwa desain grafis memiliki pengaruh yang besar.

“Bisa dibuktikan dalam putaran video pengumuman Miss Universe tahun 2015 yang terdapat kesalahan fatal dalam penyebutan winner. Ternyata hal tersebut dikarenakan desain kertas yang dibawa host terlihat mengelirukan, banyak juga contoh desain lain yang membuat viewers-nya keliru dan salah menangkap pesan”, jelasnya.

Senada dengan itu, Rosyid juga menegaskan bahwa pesan dalam desain grafis harus benar-benar tersampaikan karena ada beban moral di dalamnya.

“Berbeda halnya dengan pelukis, desainer itu saat membuat desain, pesannya harus benar-benar tersampaikan, wajib! Desainer tidak bisa egois seperti pelukis yang memiliki kehendak bebas dalam menyalurkan seni visual, ada beban moral di dalamnya, maka pesan-pesannya juga harus tersampaikan. Ibaratnya kita mengomunikasikan sesuatu melalui seni visual, jika tidak jelas maka orang-orang akan keliru”, tegas pemateri.

Dalam prosesi penyampaian materi, dibahas seputar pengaruh desain grafis, penggunaan elemen visual, teknik pemilihan warna, tata letak, jarak, font, desain proses, desain thinking hingga desain storming. Mentor juga merekomendasikan kepada peserta beberap website seperti dribble.com dan behance.net serta aplikasi seperti figma dengan kelebihan tools yang tidak berbayar. (mys/ila)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *