Wujudkan Kecintaan Warga Kepada Bumi Dengan Ruwah Dusun

Azhar Firdaus

MOJOKERTO, BIDIK – Ratusan warga dan Mahasiswa menunjukkan antusiasnya dalam gelaran tradisi Ruwah Dusun yang dilaksanakan oleh warga Dusun Bendorejo (23/4) kemarin, gelaran ini merupakan acara rutin yang dilaksanakan tiap tahun tepatnya di Bulan Sya’ban sebelum memasuki Bulan Ramadhan. Acara ini merupakan salah satu tradisi leluhur yang masih dipertahankan oleh warga Mojokerto hingga saat ini,  sebagai wujud rasa syukur hasil bumi yang didapat oleh warga setempat.

Tahun ini warga setempat menggelar Ruwah Dusun yang diisi dengan pawai akbar serta arak-arak dengan iringan ancak-ancak dan alunan musik tradisional khas Majapahit. Ancak – Ancak sendiri merupakan tumpengan yang disusun tinggi dari berbagai macam buah dan hasil pertanian lainnya.

“Ruwah Dusun tahun ini merupakan hal baru bagi warga Bendorejo, karena dirayakan dengan pawai akbar dan arak-arakan Ancak, sedangkan tahun-tahun sebelumnya hanya beristighosah di masjid dengan membawa makanan untuk kenduri” Ucap David (20) peserta pawai Ruwah Desa.

“Ruwah Dusun ini merupakan salah satu bentuk kecintaan dan kepedulian kami kepada Bumi, serta sebagai ungkapan Rasa Syukur kita kepada Allah atas limpahan hasil bumi yang didapat tahun ini. Kami berharap semoga acara ini mampu memberikan kesan baik warga terhadap Bumi dan tradisi leluhur” Ucap Bapak Na’im selaku tokoh agama setempat. (Erh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Fakultas Dakwah & Ushuluddin Jalin Kerja Sama Dengan PWI JATIM

MOJOKERTO, BIDIK-Dekan Fakultas Dakwah dan Ushuluddin tanda tangani MOU dengan PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) Provinsi Jawa Timur (27/04/19). Dibalut dengan Kuliah tamu agenda tersebut dihadiri oleh puluhan mahasiswa KPI lintas angkatan, tak hanya mahasiswa acara tersebut dihadiri pula oleh Wakil Rektor III Institut KH. Abdul Chalim, Dr. Affan Hasnan, M. […]