SAMPAH MEDIA

adminkpi

Di sini, sampah media bukanlah dalam arti sebenarnya. Bukan sampah-sampah yang menumpuk di sungai-sungai maupun di tempat lain yang kemudian tersorot oleh kamera dan diberitakan media. Sampai media di sini hanya sebuah peribahasa yang digunakan untuk menggambarkan aktris/aktor di media massa yang sama sekali tidak mempunyai bakat yang pantas untuk kemudian dikatakan artis. Pada kenyataannya, media-media akhir-akhir ini banyak sekali mengangkat orang-orang tanpa bakat menjadi artis yang semakin meramaikan media massa, salah satunya di media pertelevisian.

Para artis baru banyak lahir dari aksinya yang tersebar di YouTube. Salah satunya, akhir-akhir ini, media massa sempat heboh karena aksi seorang ibu rumah tangga yang melempar wanita lain yang merupakan temannya yang menjadi perebut suaminya sendiri dengan uang lembaran. Ibu rumah tangga itu (Bu Dendi, nama sapaannya) kemudian menjadi terkenal. Salah satu media televisi menyorot liburan Pak Dendi (suami Bu Dendi) dan Bu Dendi sendiri ke Bali bak seorang artis ngetop.

Beda lagi halnya dengan artis Lucinta Luna, salah satu penyanyi dangdut dari grup duo bunga itu menjadi penyanyi bukan karena merdu suaranya, melainkan Hanaya suaranya yang dibilang biasa saja tidak bisa disebut sebagai bakat. Hanya bermodalkan dapur rekaman (lipsting), ia akhirnya menjadi penyanyi terkenal (artis) yang diundang kesana-kemari. Bahkan semua orang pun bisa menjadi penyanyi jika hanya bermodal dapur rekaman dan lipsting. Lantas, apakah kita akan biarkan media seperti itu? Terus terkontaminasi dan diisi oleh orang-orang yang tak berkompeten. Apakah media massa khususnya televisi hanya akan menyampaikan hal-hal tersebut? Siapakah yang akan disalahkan dalam hal ini, artisnya atau medianya, ataupun instansinya? Bagaimana hal tersebut jika dipandang dari kacamata kode etik jurnalistik? (rwa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PENGKHIANATAN PERS

(Oleh : Nur Alfi Laili) Pers pada hakikatnya hanyalah sebuah wadah atau media bagi para jurnalis untuk menyampaikan suatu informasi. Baik berupa hiburan, pengetahuan atau wawasan, ataupun berupa berita yang sedang hangat dibicarakan oleh khalayak ramai. Dibandingkan dengan media cetak, media massa merupakan salah satu media yang paling efektif digunakan […]