Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Kabupaten Mojokerto didirikan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia Nomor 3455 Tahun 2015, tertanggal 17 Juni 2015. Institut Pesantren KH. Abdul Chalim berada di Jl. Tirtowening KM. 4 Desa Bendungan Jati Pacet Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Perguruan tinggi merupakan lembaga perguruan tinggi yang didirikan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah yang terletak di Jl. Siwalankerto Utara No. 56 Surabaya.

Lembaga Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah didirikan oleh Pengasuh PP. Amanatul Ummah, DR. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA. Keberadaan Perguruan Tinggi yang berlokasi di Pacet Mojokerto tersebut merupakan pengejewantahan dari cita-cita beliau yang banyak diilhami oleh sang Ayahanda KH. Abdul Chalim yang tak lain merupakan seorang tokoh pejuang Islam nasionalis yang ingin mewujudkan masyarakat Indonesia adil makmur dalam ukhuwah islamiyah (saudara seagama Islam) dan ukhuwah wathaniyah (saudara sebangsa tanah air).

Cita-cita DR. KH. Asep Saifuddin Chalim, MA selaku Pengasuh Yayasan Lembaga Pendidikan Amanatul Ummah melalui pendirian pInstitut Pesantren KH. Abdul Chalim ingin berupaya menjadikan institut ini sebagai pusat kebangkitan peradaban Islam baik berskala nasional dan berskala dunia. Selain itu, beliau mencita-citakan kaum muslimin mendatang tidak hanya sebagai pendengar ceramah tentang ilmu komunikasi dan penyiaran Islam saja, tetapi dia harus menjadi narasumbernya. Kaum muslimin tidak boleh berpuas diri sebagai pengguna atas kemajuan Information Communication Technology namun juga harus menjadi engineer dan entrepreneur-nya. Dengan ini diharapkan terciptanya ilmuwan muslim berkaliber dunia yang berorientasi pada kesejahteraan umat.