Assalamualaikum. Wr. Wb.
Salam sobat KPI,

Selamat datang di website program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Ushuluddin IKHAC Mojokerto.

Puji syukur dan alhamdulillah, akhirnya website prodi KPI dengan mudah dapat diakses oleh sivitas akademika IKHAC maupun masyarakat Indonesia sehingga pujian ini adalah ungkapan rasa syukur
kepada Allah Subhanallah wa Ta’ala serta ucapan terimakasih kepada mahasiswa dan segenap sivitas akademika di bawah naungan fakultas dan Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto (IKHAC).

Pertama-tama saya sampaikan bahwa tidak dapat dipungkiri masa sekarang adalah masa digitalisasi dan tidak dapat diingkari pula masa kini adalah masa media siber. Kedua masa ini memaksa kita untuk selalu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam penjaringan serta penyampaian informasi kepada khalayak umum atau masyarakat luas. Melalui media informasi dan komunikasi, manusia dapat menyampaikan segala pesan bahkan konten apapun kepada masyarakat tanpa melihat kelas, status dan usia. Siapapun dapat mengirimkan, menerima dan terpengaruh apa yang disampaikan dan diinformasikannya baik itu hal positif maupun negatif. Di era dewasa ini, orang dapat melakukan dakwah radikalisme golongan, kampanye politik hitam dan penyebaran berita hoax dan hate speech baik di media massa maupun media sosial dengan sesuka hati dan sesuai kepentingan. Hal inilah yang menjadi sebuah ironi kekeliruan besar dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi yang tidak sesuai dengan asas Pancasila dan nilai-nilai keadaban serta keislaman.

Dari masalah tersebut, Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) IKHAC Mojokerto yang berada di bawah naungan Yayasan Lembaga Pendidikan Unggulan Amanatul Ummah berkomitmen untuk melahirkan lulusan prodi KPI yang menjunjung tinggi profesionalitas kerja, integritas moral serta kualitas kemandirian (entrepreneurship) yang handal. Motto program studi kami adalah “socio-religio-preneur”, yaitu sebuah gagasan yang mengharapkan terwujudnya lulusan yang memiliki sikap gabungan antara entrepreneur dan religiusitas sosial di masyarakat. Seorang lulusan/pengusaha kreatif bukan hanya worldly life oriented (berorientasi duniawi saja) akan tetapi juga the hereafter oriented (berorientasi ukhrawi).

Dengan begitu, kami berharap kepada masyarakat untuk dapat memberikan kepercayaannya kepada kami agar dapat membina, membimbing serta mendidik mahasiswa KPI menjadi manusia yang unggul dalam bermasyarakat serta menjadi agen perubahan dalam peningkatan SDM dan pertumbuhan ekonomi bangsa.

Akhiran. Wassalamu’alaikum. Wr. Wb.
Kaprodi KPI IKHAC

Muhammad Chabibi, Lc. M. Hum