Berita

Cegah Penyebaran COVID-19, Kiai Asep Ajak Musyawarah Ulama’ se-Jawa Timur

MOJOKERTO, BIDIK – Upaya-upaya preventif terus dilakukan oleh beberapa lapisan masyarakat guna menghadapi penyebaran COVID-19 yang kian masif. Salah satunya yakni dengan pendekatan agama, seperti yang dilakukan oleh sejumlah Ulama’ se- Jawa Timur yang melaksanakan musyawarah dan doa bersama yang digelar di Guest House Institut Pesantren KH Abdul Chalim, Jumat (3/4/2020) Malam.

Dengan tetap menerapkan aturan pemerintah, yakni social distancing, koordinasi Ulama’ yang digagas oleh Prof. Dr. KH. Asep Saifuddin Chalim, M. Ag ini, hanya dihadiri oleh delapan belas Ulama’ yang berasal dari beberapa Kota besar di Jawa Timur, diantaranya yakni Kediri, Surabaya, Pasuruan, dan Mojokerto.

Musyawarah ini bertujuan untuk merumuskan, menyusun, dan menyepakati do’a sebagai upaya untuk melawan COVID-19. Adapun do’a yang disusun dari hasil musyawarah ini akan dibacakan perdana di Pendopo Gubernur Provinsi Jawa Timur. Tak hanya itu, rumusan do’a ini juga akan disebarluaskan melalui Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) agar bisa diterima oleh masyarakat luas.

Lilik Fadhillah, salah satu tamu yang hadir, menyampaikan bahwa perumusan do’a hasil musyawarah ini dipastikan akan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat.

“Alhamdulillah, Pak Kiai Asep ini mampu menjadi pelopor warga Nahdliyin untuk bergerak, setelah ini kami akan melakukan riyadhah, dengan do’a yang akan diberikan oleh Pak Kyai kami akan sosialisasikan kepada seluruh masyarakat mulai dari tingkat kecamatan, desa, sampai tingkat RW,” jelas Ketua Muslimat NU Surabaya ini.

Senada, Khodijah, selaku Ketua 1 Muslimat NU Mojokerto menghimbau agar masyarakat tidak takut dengan adanya wabah COVID-19 ini.

“Jangan terlalu resah, tapi harus tetap ikhtiyar dan tawakkal, kalau sudah takut, itu sudah 50% penyakit masuk ke tubuh kita, nah kalau kita percaya diri, insyaallah 50% itu obat bagi diri kita,” tandasnya.

Usai musyawarah berlangsung, pihak penyelenggara dari Pondok Pesantren Amanatul Ummah membagikan cenderamata kesehatan berupa masker, antiseptik, dan cairan disinfektan kepada masing-masing tamu yang hadir. (erh)

Potret saat Kiai Asep memimpin do’a bersama saat musyawarah berlangsung (Rizqi/BIDIK)

Usai musyawarah berlangsung, Kiai Asep nampak membagikan cenderamata kesehatan berupa masker kepada tamu undangan (Miftah/BIDIK)

Berita dapat anda lihat di youtube kami

 
IKHAC TV || KPI IKHAC

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *